Rabu, 20 April 2011

Nissan.com

1.    Mengapa Nissan Motor sangat begitu memperhatikan domain Nissan.com dan Nissan.net, dan apakah kerugian material sebesar $10 juta yang disangkalkan oleh Nissan motor dapat dibenarkan?

Karena seperti diketahui bahwa Nissan motor adalah suatu perusahaan yang sudah sangat mendunia, hamper seluruh lapisan masyarakat di dunia mengetahui keberadaan Nissan motor. Tetapi keberadaan Uzi Nissan yang membuat sebuat website yang mengikuti nama dari Nissan motor yaitu Nissan.com dan Nissan.net membuat terjadinya masalah besar. Kebanyakan konsumen yang ingin melihat Nissan motor merasa heran karena website yang dilihatnya adalah Nissan computer bukan Nissan motor, hal ini tentu saja menjadi sebuah kerugian besar bagi Nissan motor karena konsumen yang berencana untuk melihat-lihat line up product mereka malah menjadi melihat sebuat website computer, tentu saja kerugian ini juga berpengaruh terhadap penjualan mereka karena ada konsumen yang berminat untuk membeli product merekan tetapi menjadi tidak jadi membeli. $ 10 juta yang diminta oleh Nissan motor menurut pendapat saya tidak dapat dibenarkan karena website Nissan.com dan Nissan.net memang tidak mempunyai niat buruk terhadap Nissan motor dan hanya bertujuan untuk menjual product computer mereka

2.      Tanggapan etika dari segi Uzi Nissan dalam kasus ini

Nissan Computer Corp yang saya lihat, mereka memang sudah menerima keputusan dari pengadilan yaitu dengan tidak memperbolehkan menjelek-jelekan niissan motor, tetapi karena ketidak puasa mereka terhadap tekanan yang dilakukan oleh Nissan motor, mereka membuat link terhadap situs lama mereka yang menjabarkan kejadian yang diperkarakan oleh Nissan motor dan mungkin berharap mereka akan mendapatkan dukungan dan akan mendapatkan popularitas yang lebih banyak.

3.      Tanggapan etika dari segi Nissan Motor dalam kasus ini

Semua kejadian ini berawal dari kecerobohan yang dibuat oleh Nissan motor dengan tidak langsung mendaftarkan nama domain Niissan.com dan Nissan.net ini. Mereka beranggapan bahwa internet tidak akan booming menjadi seperti sekarang ini, mereka lalu menyalahkan perusahaan lain yang menggunakan nama domain tersebut, karena seperti yang kita tahu bahwa penggunaan domain yang sah adalah orang pertama yang mendaftarkan domain tersebut, tetapi Nissan motor menganggap bahwa domain tersebut menguntungkan nama perusahaan dan menganggap bahwa Nissan computer melakukan cyber squating (mendaftarkan nama domain yang merupakan merk dagang dari perusahaan dan berharap untuk menjualnya dengan harga tinggi kepada perusahaan tersebut). Anehnya adalah Nissan Motor Co. baru menuntut sekitar 5 tahun setelah mereka melayangkan surat permohonan penggunaan nama domain dari pengacara kepada Nissan Computer Corp. Hingga akhirnya pengadilan mengatakan bahwa Nissan computer tidak bersalah pada kasus ini.

4.      Tanggapan mengenai keputusan pengadilan dalam kasus ini

Menurut pendapat saya untuk kasus ini, bahwa Uzi Nissan tidak melakukan kesalahan karena bisa dilihat bahwa Nissan computer menggunakan nama keluarganya, dan hal utama yang dilakukannya adalah bertujuan untuk menjual barang dagangann mereka seperti alat-alt computer, dan yang paling penting dan utama untuk kasus ini bahwa mereka adalah orang pertama kali mendaftarkan nama domain mareka yang bertujuan untuk menjual product mereka tanpa sekali-kali berniat untuk menjelek-jelekan Nissan motor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar