Selasa, 24 Mei 2011

Potential Risk dari java applet


Baiklah, saat ini saya akan membahas tentang tugas E-bussines yang baru....
pembahasan kali ini adalah tentang Java appllet, apa itu java apllet dan apa kerugian bagi kita jika menggunakan aplikasi ini....
ok,lets goo....

Disini  saya pertama-tama akan menjelaskan pengertian dari java apllet itu sendiri, dan awalnya kita juga harus mengerti apa itu java. Java adalah bahasa pemograman yang dikembangkan oleh Sun Microsystems pada tahun 1995. Java, juga sebuah bahasa berorientasi objek yang digunakan untuk menulis program-program yang compact yang bisa di download melalui internet dan dengan segera dieksekusi pada banyak komputer.
naaahhh berikutnya kita masuk kedalam pembahasan dari jave apllet.........
Java applet adalah sebuah aplikasi mini, yang dibuat dengan bahasa Java yang ditanamkan ke dalam sebuah situs web sehingga dapat dijalankan di dalam browser.  Java applets ini dapat secara dinamis menambahkan beberapa fungsi kepada halaman-halaman Web yang bersifat statis,  seperti membuat formulir, menampilkan gambar bergerak dan suara, atau membuat permainan (merupakan salah satu active content pada web yang dapat membuat web tampil lebih dinamis). Akan tetapi, untuk menjalankannya sebuah komputer harus memiliki program penjelajah web yang dapat menjalankan Java, seperti Microsoft Internet Explorer 4.0 ke atas, Netscape Navigator, Mozilla Firefox, dan Opera. .

Java Applet memiliki kelebihan sebagai berikut: Cukup mudah dibuat dan dijalankan pada Linux, Mac OS dan OS lainnya karena Java Applet bersifat cross platform, Satu jenis Applet mampu berjalan pada semua versi Java pada waktu yang bersamaan, namun bila membutuhkan plug in JRE yang baru maka harus menunggu download tersebut hingga selesai, Applet berjalan dalam sandbox, sehingga user tidak perlu mengkonfirmasi kode Applet, Applet bisa berjalan tanpa security approval, Applet di support oleh sebagian besar browser , Waktu loading Applet cukup singkat , Applet dapat dibuat menjadi aplikasi yang real-time.

Selain kelebihan-kelebihan tersebut, ternyata Applet mempunyai kelemahan yang bisa berimplikasi juga terhadap sekuritisasi computer kita, diantaranya: Sampai saat ini, kekurangan Applet adalah bandwith yg rendah (sehingga lambat) dan ngga semua browser support Java Applet.  Kelemahan lain adalah Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Hal yang sama juga terjadi pada Microsoft .NET Platform. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak. lalu, Mencuri cookies dari client. Hal ini akan menyebabkan sang pencuri akan mengetahui behavior kita dalam berinternet atau dalam website tertentu, bahkan skenario terburuk dapat mencuri identitas kita baik itu username dan password, nomor kartu kredit, atau data-data lain yang kita submit ke suatu website.

cukupp,,,saya bingung buatnya +,+
makasiiihhh ibuu mithaaa :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar